Monday, May 5, 2014

Sejarah logo Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMK Negeri 1 Pangandaran


SMK Negeri 1 Pangandaran adalah Sekolah yang didesain oleh pemerintah daerah Kab. Ciamis pada masa itu (sebelum Pangandaran memisahkan diri menjadi kabupaten yang berdiri sendri) dengan tujuan untuk lebih memanfaatkan potensi sumber daya kelautan didaeran Ciamis Selatan tepatnya terletak di daerah Pangandaran untuk menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia ) yang handal yang mampu mengelola sumber kekayaan alam lautan kita dengan sebaik baiknya.
Pada awal berdirinya SMK Negeri 1 Pangandaran atau masyarakat sekitar sering menyebut dengan SMK Kelautan ini hanya membuka satu pilihan jurusan yaitu NPI (Nautika Penangkap Ikan) pada masa itu, yang kemudian berganti nama lagi menjadi NPL (Nautika Perikanan Laut).
Seiring dengan perubahannya NPL di perbaharui lagi menjadi NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) yang sekarang sudah kita kenal luas. SMK Negeri 1 Pangandaran berdiri pada tahun 2002 dengan perubahan bentuk logo berkali kali, namun untuk jurusan NKPI logo yang sekarang kokoh terpasang di seragam di bagian lengan sebelah kanan untuk Taruna yang mengambil jurusan NKPI itu tidak mengalami perubahan. Saya sebagai angkatan pertama yang merancang dan mendesain logo tersebut merasa bangga karena sudah 10 tahun lebih logo tersebut masih terpampang.
Berikut akan saya uraikan beberapa bagian dari logo NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) SMK Negeri 1 Pangandaran.
1. Arti dari warna yang tertera pada logo tersebut adalah :
- Kuning, melambangkan Kemakmuran
- Biru, melambangkan Keteguhan hati
- Merah, melambangkan Keberanian
- Putih, melambangkan Kesucian
- Hitam, melambangkan Komitmen tinggi

2. Arti dari gambar yang tertera pada logo tersebut adalah :
- Ikan Hiu, sebagai penguasa lautan hal ini memiliki arti bahwa kita harus bisa memanfaatkan sumber daya laut yang melimpah ruah di negara kita agar bisa di kelola sebaik mungkin oleh putra putri bangsa untuk membantu negara dalam sektor perikanan.
- Jantra, sebagai pengendali arah hal ini memiliki arti bahwa kita harus bisa menetapkan arah dan tujuan kita untuk masa depan yang lebih baik jangan sampai terpengaruh kepada hal yang tidak baik.
- Jangkar, sebagai penahan laju arus hal ini memiliki arti bahwa kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan tapi sebaik baiknya orang yang bersalah adalah orang yang bisa memperbaiki kesalahannya dan tidak kembali terbawa arus yang negatif yang akan merugikan diri kita sendiri kelak.
- Kompas, sebagai penunjuk arah hal ini memiliki arti bahwa kita sebagai manusia perlu pedoman yang akan mengarahkan kita kepada jalan yang benar jalan yang di ridhoi oleh Alooh swt dengan berpegang teguh kepada Al Quran dan Hadist.
- Perisai, sebagai benteng hal ini memiliki arti bahwa kita hrus bisa menjaga dan membentengi diri kita dari pengaruh negatif yang mungkin akan merusak dan merugikan diri kita kelak, tentunya bentengi diri kita dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah sekilas tentang arti lambang dan warna yang tertera pada logo jurusan NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) SMK Negeri 1 Pangandaran. Semoga bisa menambah wawasan bagi para pembaca untuk mengetahui lebih dalam tentang SMK Negeri 1 Kelautan Pangandaran umumnya dan Kompetensi Keahlian NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan ) khususnya.

みんな、がんばれしんなければなりませんよ。

Lets Join with us in SMK N 1 Pangandaran...!!

No comments:

Post a Comment